Penelitian Studi Pemetaan Estimasi Dampak Akibat Gempa dan Tsunami Megathrust Jawa Selatan di Kecamatan Pangandaran

Penelitian lapangan

Tanggal 13 sampai dengan 20 November 2020 kemarin, PUI – PT Sains dan Teknologi Kegempaan, Pusat Penelitian Mitigasi Bencana ITB dengan U-INSPIRE Indonesia mengadakan penelitian berupa Studi Pemetaan Estimasi Akbiat Gempa dan Tsunami Megathrust Jawa Selatan di Kecamatan Pangandaran, sebagai bagian dari membangun Tsunami Ready di Pangandaran. Penelitian ini diketuai oleh Dr. Nuraini Rahma Hanifa, Dr.Rer.Nat Wiwin Windupranata, Dr. Endra Gunawan dan peneliti lain di CEST ITB, serta melibatkan 2 orang mahasiswa S1 jurusan Geodesi ITB, 2 orang mahasiswa S2 jurusan Geodesi, 1 mahasiswa alumni S2 jurusan Geodesi ITB, dan 5 orang dari U-INSPIRE Indonesia.  Pada penelitian ini dibagi ke dalam enam sub-topik, yaitu: 1) Pemodelan Tsunami di Pangandaran, 2) Pemodelan dampak gempa dan tsunami di Pangandaran, (3) Pemetaan kerentanaan dengan teknologi UAV, 4) Survei Batas Jejak Batas Rendaman Tsunami 2006 dari Saksi Mata, 5) analisis perilaku evakuasi warga di Desa Pangandaran dan Desa Pananjung, 6) Geotag Bangunan di Desa Pangandaran, dan (7) Pemetaan kapasitas Tsunami Ready berdasarkan indicator IOC UNESCO di Pangandaran.

 

 

Selain mengadakan penelitian, Tim ITB dan Tim U-INSPIRE Indonesia mengadakan kegiatan lainnya seperti kunjungan kepada Pjs Bupati Pangandaran, Kalak BPBD Provinsi Jawa Barat, Bapak Dr. H. Dani Ramdan, MT. Pak Bupati menyambut baik tim ITB dan tim U-INSPIRE Indonesia dan mendukung terhadap penelitian dan kegiatan yang akan dilakukan oleh tim ITB dan tim U-INSPIRE Indonesia.

Tak hanya berkunjung kepada Pjs Bupati Pangandaran, Tim ITB dibantu oleh Tim U-INSPIRE Indonesia pun mengadakan kunjungan kepada Kepala Desa Pangandaran, Kepala Desa Pananjung, Dinas Pendidikan, PRHI, dan Dinas Pendidikan untuk pengambilan data demografi. Data demografi ini akan digunakan sebagai data penujang dalam penelitian. Selain itu juga kegiatan pengambilan data juga diperoleh dengan metode UAV untuk data eksposure terbaru dan real time. Sehingga data-data penunjang diperoleh dapat membuat penelitian ini menjadi lebih akurat dalam menganalisis akibat gempa dan tsunami di Kecamatan Pangandaran.

Ditulis oleh: Hasna Rahmawati dan N. Rahma Hanifa

Leave a Reply